Voclom.Inc
Voclom.Inc didirikan pada 1991 oleh Richard Woolcott and
ayahnya, Rene Woolcott di Orange County, California, pusat kegiatan olahraga
skateboard di Amerika.
Awalnya, Richard Woolcott bekerja di Quicksilver. Dalam
sebuah kegiatan perusahaan, Woolcott mendapat kecelakaan dan mengalami patah
leher. Ia pun memutuskan cuti bekerja dan melanjutkan kuliah lagi.
Di bulan Maret 1991, ia dan temannya, Tucker Hall berlibur
ke Tahoe. Mereka melihat betapa pilihan akan kostum berselancar sangat
terbatas. Woolcott dan Hall memutuskan memproduksi kaos yang keren untuk
peselancar sambil tetap bersenang-senang main skateboard.
Keduanya lalu meminjam 5000 dollar dari Rene Woolcott,
direktur perusahaan investasi yang juga ayah Richard. Richard dan Tucker
menamakan perusahaannya Stone Boardwear, Inc. sedangkan produknya menggunakan
merek Volcom. Logo Volcom berbentuk batu berlian dikenal sebagai batu Volcom
yang didesain McElroy Designs.
Awalnya, mereka hanya memproduksi kaos, lalu memutuskn untuk
menambah produk celana pendek setahun kemudian. Kedua sahabat itu berkantor di
kamar tidur Richard di Newport Beach, California. Sedangkan tokonya beroperasi
di rumah Tucker di Pantai Huntington.
Ide Kreatif Mempertahankan Bisnis
Karena terlalu banyak bersenang-senang, penjualan produk
mereka tak menggembirakan. Modal menipis. Ketika Richard menelpon ayahnya untuk
minta tambahan modal, Pak Rene Woolcott menolak dan meminta Richard berusaha
sendiri untuk mempertahankan bisnisnya. Richard dan Tucker memutuskan fokus
untuk menyelamatkan perusahaan mereka dari kebangkrutan. Hura-hura pun
berakhir.
Pada 1993, kedua pengusaha muda itu membuat film tentang
profil peselancar dari berbagai belahan dunia. Film pendek ini sukses menarik
minat anak muda dan mereka mulai tertarik menggunakan produk Stone Boardwear,
Inc.
Untuk menarik minat anak muda pula, Richard dan Tucker
mendirikan divisi musik yang jenisnya digilai anak muda seperti hip-hop dan
lainnya. Mereka juga mulai menjadi sponsor bagi tim dan atlet selancar
berprestasi. Tak hanya itu, perusahaan bahkan menyelenggarakan kompetisi
selancar amatir.
Pada 1995, Stone Boardwear, Inc. berhasil memproduksi kaos
yang desainnya unik dan sangat digemari pelanggan. Setahun kemudian, produk
mereka mulai djual di Eropa. Lalu, merambah Australia dan New Zealand. Kerja
keras Richard dan Tucker mulai membuahkan hasil.
Pada 1998, produk pakaian yang dijual di toko mereka,
Pacific Sunwear, makin bertambah dengan jaket, celana kargo, dan lainnya. Tak
disangka, pada 1998, Stone Boardwear, Inc. yang memiliki slogan Youth against
establishment, berkibar di pasaran Amerika Serikat.
Produk mereka termasuk 5 besar hot stuff pilihan anak muda
AS. Di tahun ini pula, kantor mereka pindah ke gedung yang luasnya berpuluh
kali lipat di banding kantor pertamanya, kamar Richard.
Sebagai wujud kepedulian pada anak muda dan lingkungan
mereka, Stone Boardwear, Inc. juga mensponsori kompetisi skateboard amatir
dengan slogan "Let the Kids Ride Free" sebuah kompetisi yang tidak
memungut biaya pendaftaran dan biaya lain pada pesertanya.
Kompetisi ini bukanlah sebuah ajang lomba sebenarnya, tapi
lebih untuk ajang unjuk bakat, menambah pengalaman, dan bersenang-senang bagi
anak muda. Yang menyenangkan, Peserta yang kalah pun pulang dengan membawa
banyak hadiah produk dari Stone Boardwear, Inc.
Volcom.Inc Berjaya
Pada 2002, Stone Boardwear, Inc. mendirikan toko retail
pertamanya di La Brea Boulevard, Los Angeles. Mereka menjual berbagai peralatan
selancar, pakaian, CD musik dan benda unik dan khas anak muda lainnya. Toko ini
dengan segera menjadi incaran anak muda.
Tiga tahun kemudian, nama perusahaan Stone Boardwear, Inc.
berubah menjadi Volcom.Inc sebelum memutuskan go public. Tak lama kemudian,
partner setia Richard, Tucker Hall memutuskan pensiun dan mendapat bagian saham
Volcom. Inc. Rene Woolcott menjadi Dewan Komisaris perusahaan. Ayah dan anak
itu tetap menangani perusahaan dengan cinta.
Kini, Lini pakaian Volcom's memiliki ratusan pilihan
pakaian, perlengkapan, dan aksesoris bagi pria dan wanita. Mereka terus membuka
jaringan toko di seluruh dunia. Perusahaan tetap meneruskan tradisi menjadi
sponsor bagi atlet berprestasi. Juga melakukan kegiatan sosial untuk
komunitas-komunitas di AS.
Hanya dalam 15 tahun, Volcom.Inc berkembang pesat. Dari
perusahaan yang berkantor di kamar tidur, kini menjadi merk yang paling hot di
antara anak muda seluruh dunia. walau telah menjadi super milyuner, Richard
tetap bersahaja dan tinggal di trailernya yang nyaman.
Walau Volcom.Inc kini telah go public, Gaya kepemimpinan
Richard tetap menjadi teladan bagi kemajuan perusahaan. Sungguh, Kerja keras
dan kreativitas Richard dan Rene Woolcott serta Tucker Hall patut ditiru oleh
generasi muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar