WELCOME.. .. ..

KEMARIN ADALAH TRAGEDI, HARI INI ADALAH REALITY DAN BESOK ADALAH MISTERI


Senin, 09 April 2012

Kamus dan Penerjemah Online Terbaik (Inggris – Indonesia)

Barusan saja saya habis googling mencari kamus dan penerjemah online yang lumayan lengkap dan bisa dipakai untuk bantu-bantu menerjemahkan kata, kalimat dan paragraf antara bahasa Indonesia dan Inggris.

Ada banyak yang seperti itu jika kita google dengan keywords “kamus inggris indonesia” dan “english indonesian dictionary”, namun setelah melakukan tes pada situs-situs tersebut dengan beberapa kata (fragile, equilibrium, accountability) dan sebuah paragraf awal dari the Earth Charter yang agak panjang, saya putuskan yang berikut ini sebagai yang terbaik:

Sederet
http://sederet.com adalah kamus besar online Inggris Indonesia. Kamus ini cukup lengkap dan juga menyediakan fasilitas kata terkait (mirip sinonim), frase-frase yang memakai kata yg dicari, dan terkadang contoh pemakaian kata. Tersedia juga add-on buat browser Firefox yang bisa membantu kita mencari padanan kata dengan mengklik mouse pada kata yg diinginkan.
Kamus.KapanLagi
Disusun oleh Prof. Drs. Wojowasito, Alm., Guru Besar IKIP Malang; dan sudah diterbitkan dalam bentuk buku sejak 1980. Kelebihan kamus ini adalah mampu menerjemahkan beberapa kata sekaligus, dan menyediakan sinonim, dan turunan utk masing-masing kata, baik Inggris maupun Indonesia. Hal ini sangat membantu dalam memilih kata yang tepat diantara beberapa kemungkinan.
InBahasa
Kamus sekaligus penerjemah. Mampu mengartikan kata, kalimat dan paragraf. Untuk arti kata, juga terkadang menyertakan contoh kalimat. Hasil terjemahan kalimat dan paragraf agak mengenaskan, tapi membantu.
Kataku
Mirip dengan inbahasa.com, tapi lebih handal dalam menerjemahkan kalimat dan paragraf.
IndoDic
Kamus online English-Indonesian yang mengandung 50.000 kata dan frase pada masing-masing kamusnya. Menyediakan fitur sinonim dan turunan kata seperti Kamus.KapanLagi. Tersedia versi desktop (10MB, gratis) untuk komputer berbasis windows. Software desktopnya memiliki fitur2 yang menarik dan sangat bermanfaat, salah satunya adalah pop-up translation, dimana kita bisa mencari arti sebuah kata cukup dengan melayangkan mouse di atas kata yg diinginkan. Ini sangat praktis utk membaca artikel berbahasa Inggris.
QamIDEN
Adalah software opensource gratis utk Windows, Linux, dan Mac OSX. Tertulis memiliki 170.000 kata dalam databasenya! Bisa didownload di sini (1 MB). Jangan lupa mendownload databasenya yang berukuran 8MB dan melakukan setting di aplikasinya utk menggunakan database tsb. Fitur tak selengkap dan secanggih IndoDic, tapi kelihatannya lebih lengkap.

Anda punya rekomendasi lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar